English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Hot News   »   counter Indowebster - 4Shared - Gmail - Detik - Facebook

Rabu, 25 Agustus 2010

Nitrogen on Tire

- Si Pentil Hijau -
Apa isi ban kendaraan anda?
udara?.

Nah pernahkah kamu mendengar bahwa ban itu tidak hanya diisi oleh udara, lantas diisi apa donk? nah kamu ingin tahu kan?
Udara yang ada di sekitar kita ini terdiri dari kurang lebih 21% gas Oksigen, 78% gas Nitrogen, dan sisanya adalah gas-gas lain. Nah, yang dipompakan ke dalam ban kendaraan adalah juga udara yang memiliki kandungan seperti di atas.

Nah, karena ukuran molekulnya, maka gas oksigen lebih mudah "merembes" keluar dari ban sehingga membuat tekanan ban menjadi berkurang. Salah satu upaya manusia adalah dengan memompakan sejumlah udara dengan kandungan Nitrogen lebih tinggi ke dalam ban, maksudnya adalah untuk menjaga tekanan udara pada ban tetap stabil.



Penggunaan Nitrogen di dalam ban kendaraan juga dimaksudkan untuk mencegah atau mengurangi pemuaian udara di dalam ban akibat panas yang muncul karena "kerja keras" ban. Seperti pada ban pesawat terbang, atau ban mobil balap yang selalu berputar kencang dengan kecepatan tinggi. Sebelumnya kerap didapati ban kendaraan balap itu pecah karena tidak dapat menahan suhu udara tinggi yang memuai.
Namun berdasarkan beberapa pengalaman pengguna ban dengan isi Nitrogen, didapati bahwa untuk penggunaan yang biasa-biasa saja (di dalam kota), justru ban berisi Nitrogen ini akan membuat ban menjadi "dingin" dan mengurangi kelenturan karet ban, sehingga justru mudah "retak" dan pecah.

Banyak juga keuntungan lainnya misal, ban berisi gas Nitrogen akan mengurangi proses oksidasi dan karat pada velg.
Penggunaan Nitrogen pada ban, dibedakan dari pentil berwarna hijau terang, sehingga saat mau mengisi udara, akan segera terlihat apakah pemilik kendaraan membolehkan mengisi bannya dengan udara biasa, atau harus ke bengkel khusus yang menyediakan gas Notrogen.
Nah, coba amati apakah ban kendaraan kamu berisi udara biasa atau Nitrogen? Dan coba ceritakan bagaimana rasanya mengendarai kendaraan dengan ban berisi Nitrogen ini.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

gambar animasi bergerak

wibiya widget