Hot News   »   counter Indowebster - 4Shared - Gmail - Detik - Facebook

Selasa, 14 September 2010

Penyakit Ganglion

- Ganglion Pada Tangan -
Apa sih ganglion itu?Ganglion bisa disebut sebagai sebuah kista yang tumbuh terutama di daerah sendi atau tendon. Pada daerah sendi, terdapat jaringan sinovium yang berfungsi menghasilkan cairan pelumas untuk melumasi daerah sendi. Ganglion muncul apabila sinovium ini dipenuhi oleh cairan sejenis jell bening lalu membesar dan menimbulkan benjolan. Selain karena trauma khronis pada daerah sendi, penyebab yang pasti dari ganglion masih menjadi tanda tanya besar.

Bagaimana bentuk dan gejala ganglion?Ganglion bisa muncul pada semua jenis sendi terutama pada daerah pergelangan tangan dan kaki. Ganglion umumnya tidak sakit, tumbuh sebagai sebuah benjolan terlokalisir. Ganglion bukan merupakan akibat dari suatu reaksi inflamasi sehingga tidak ditemukan tanda tanda radang disekitarnya.

Bagaimana mengobati ganglion?Ganglion terkadang dapat pecah sendiri dan menghilang. Bila tidak mau pecah, ganglion dapat diatasi dengan menyedot cairan yang ada didalamnya dengan jarum suntik besar. Umumnya ganglion diambil dengan cara operasi. Sayangnya, walau sudah diangkat, ganglion dapat tumbuh lagi dan perlu dipikirkan suatu penyebab sehingga bisa dicegah tumbuhnya ganglion yang berulang ulang.

Sumber Gambar

3 komentar:

thamii Andhani mengatakan...

sianggg gan..

sorry niy sebelumnya..apakah agan sudah pernah mengalami penyakit ganglion in??

saya yang sudah pernah di operasi akibat ganglion di pergelangan tangan,tepatnya dekat nadi..
ganglion itu sakit gan.. ga sesakit penyakit kanker atau penyakit berat lainnya sih..

tapi ketika tanggan saya yg sedang ada ganglionnya itu cape, itu ngilu lokh sampe satu tangan..dan itu ga nyaman bgt..
makannya saya memilih di operasi,dari pada menunggu ganglion itu pecah.. tapi saya juga bingung sih,kenapa ganglion itu bisa pecah..pdahal hasil operasi saya itu,nampaknya ganglion itu keras dan berakar..
penyedotan untuk mengobati ganglion itu cara yg membuang2 uang dan waktu..

saran saya untuk menghilangkan ganglion itu cara satu2 nya operasi dengan bius total..
penyakit ini sudah berakhir 2 tahun yang lalu..

dan sampe sekarang bekas operasinya ga da masalah.. ^^,

Risty Yunita mengatakan...

Gan selain operasi ato penyedotan ada cara lain tdk menghilangkan ganglion

muslimin muhammad mengatakan...

pada sendi" juga banyak benjolan. yang jiak tersentuh timbul rasa nyeri,,, apakah itu juag ganglion namanya?

Poskan Komentar

gambar animasi bergerak

wibiya widget